yakitori

Ragam Jajanan Kaki Lima di Jepang

Tak hanya Singapura, Malaysia, Indonesia, atau negara-negara Asia Tenggara lainnya yang punya kultur street food teramat kental. Si negeri matahari terbit ternyata juga memiliki beraneka jenis jajanan yang dijamin akan membuat perut (dan mata) Anda lapar, terutama di kawasan Fukuoka. Kota yang terletak di bagian utara pulau Kyushu ini bahkan pernah tercatat sebagai salah satu tempat dengan sajian street food terbaik di Asia oleh CNN Travel! Bagi Anda yang akan melipir ke Jepang dalam waktu dekat, silahkan mencatat aneka ragam sajian yang harus Anda cicipi di yatai (gerobak makanan) terdekat. Itadakimasu!

  1. Yakitori
    Jajanan mirip sate khas Nusantara ini tidak memakai bumbu kacang, melainkan garam untuk memberikan rasa asin, atau tare – sejenis saus manis, kecap asin, dan gula – bagi yang menyukai rasa manis. Kata yakitori hanya digunakan untuk menyebut sate yang terbuat dari daging ayam, atau jeroan ayam. Sate yang terbuat dari bahan lainnya, seperti sapi, babi, atau sayuran, dinamakan kushiyaki.

Okonomiyaki Renjiro Sushi

  1. Okonomiyaki
    Pancake gurih a la Jepang ini berasal dari kata “okonomi” yang berarti “apapun yang Anda suka” dan “yaki”, “panggang atau masak”. Di beberapa restoran di Jepang, Anda dapat membuat sendiri okonomiyaki menggunakan teppan (hotplate spesial) dengan bahan segar yang telah dipersiapkan. Ada juga restoran di mana Anda bisa menyaksikan aksi para chef mempersiapkan okonomiyaki pesanan Anda. Okonomoyaki biasanya diberi topping seperti katsuobushi (daging ikan kering), saus mayonnaise khas Jepang dan saus okonomiyaki, aonori (rumput laut kering), dan beni shoga (acar jahe).

Dango Renjiro Sushi

  1. Dango
    Jika Anda merupakan penggemar berat film animasi karya Hayao Miyazaki, Anda pasti familiar dengan rupa penganan warna-warni berikut. Terbuat dari campuran tepung beras ketan dan air yang kemudian direbus hingga matang, dango menyerupai pansit bulat dengan berbagai rasa, seperti gurih (mitarashi dango), atau manis (hanami dango). Sering disajikan dalam jumlah 3 atau empat dengan tusuk sate.

Taiyaki Renjiro Sushi

  1. Taiyaki
    Meskipun memiliki bentuk seperti ikan, taiyaki adalah dessert manis yang biasanya diisi dengan pasta kacang merah dari kacang azuki. Sebagai pengganti kacang merah, filling jenis lain juga kerap digunakan, seperti custard, saus coklat, atau Nutella. Untuk versi gurihnya, Anda dapat mencoba kombinasi isi dari ubi rambat, keju, sosis, atau sayuran. Bentuk uniknya didapat dari cetakan besi serta adonan dari tepung terigu, bubuk soda kue, garam, dan gula.

Senbei Renjiro Sushi

  1. Senbei
    Kita mungkin hanya mengenali senbei jenis instan yang dijual di aneka minimarket, tapi kerupuk nasi yang dibuat langsung nyatanya mudah sekali ditemui di jalanan Jepang, terutama saat festival street food berlangsung. Cara memasak senbei adalah dipanggang di atas arang hingga char nampak dan memberikan aroma smoky yang khas. Kebanyakan senbei memiliki rasa gurih dari garam dan kecap asin, namun jangan lewatkan varian manisnya juga.

Sweet Potato Renjiro Sushi

  1. Sweet Potato
    The ultimate Japanese street food! Berbeda dengan ubi rambat yang tumbuh di negara bagian barat, ubi rambat dari Jepang memiliki rasa yang lebih manis. Oleh karena itu, ini merupakan jenis jajanan kaki lima yang paling populer di Jepang. Anda dapat menemukannya dengan mudah saat musim gugur atau dingin, baik dalam bentuk gorengan dengan topping sirup manis dan wijen panggang, dipanggang utuh di atas batu, atau a la wedges dengan tambahan garam dan gula.

Takoyaki Renjiro Sushi

  1. Takoyaki
    Street food Jepang pertama yang sempat booming di tanah air beberapa waktu lalu ini terbuat dari adonan tepung terigu dengan isi daun bawang, sotong, jahe, dan tempura. Dibentuk bulat oleh cetakan khusus, lalu dipanggang dan diberi tambahan katsuobushi, saus mayonnaise dan saus takoyaki, serta daun bawang lagi. Berasal dari Osaka.

Yakisoba Renjiro Sushi

  1. Yakisoba
    Sajian ini terbuat dari mi tipis seperti ramen, lalu ditumis bersama daging babi dan aneka jenis sayuran seperti kubis, wortel, dan bawang bombay dengan saus asam manis. Sering dipesan sebagai snack dengan tambahan aonori, katsuobushi, dan acar jahe merah. Terinspirasi dari hidangan chow mein khas Tiongkok.